Thursday, February 13, 2020

Cinta Imut-imut, ちっぽけな恋, oleh You Ikenaga


ちっぽけな恋 珈琲屋の人々

Sebuah kumpulan cerpen yang berkisah seputar sebuah kafe tua, kouhiya dan baristanya Kousuke Shuda yang mantan narapidana pembunuhan. Fuyuko, sang kekasih, dan Shimaki, teman masa kecilnya menjadi pusat pusaran kisah.



Silakan baca 珈琲屋の人々,kouhiiya no hitobito, Orang-orang Kedai Kopi,

Cinta imut-imut adalah satu dari  7 cerpen yang disajikan, bercerita tentang sepasang anak SMP yang baru mulai berpacaran dan mendapat tetangan dari orangtua si gadis kecil. Kebetulan sang gadis bertetangga dengan Fuyuko, dan menceritakan keluh kesahnya. Fuyuko kemudian membawanya menemui Kousuke untuk curhat.

Sementara 6 cerpen lainnya yang juga menempatkan Kousuke sebagai superhero, dengan tubuh kekar berotot yang bisa menyelesaikan masalah dengan menggunakan kekuatan fisik, cinta imut-imut menempatkan Kousuke di spotlight dan menunjukkan kelembutan hatinya. Menunjukkan pada si gadis kecil, Chiaki-chan, ada sebentuk cinta yang datang bukan untuk diwujudkan. Sebuah cinta yang justru ada untuk membuktikan sesuatu yang lebih tinggi; sebuah ketulusan hati.

Kousuke hanya menyarankan sang gadis kecil menunjukkan "ketulusan cinta" pasangan imut-imut itu dalam perilaku-perilaku khas anak SMP, bukan perilaku yang mencontoh orang-orang dewasa.  Saat sang gadis mengunjungi Kouhiya dan berbincang dengan Fuyuko dan Kousuke, dia pun menyadari tali kasih antara mereka berdua dan komitmen mereka untuk tidak menikah, karena dosa Kousuke yang telah menghilangkan nyawa orang lain harus ditebus dengan kehilangan hak untuk bahagia, hak untuk memiliki pasangan, dan melahirkan keturunannya ke dunia.

Kuatnya komitmen Kousuke ini masih terasa, bahkan di cerpen terakhir buku ini. Saat Kousuke lengah, dan tak dapat menyelamatkan Fuyuko yang kemudian tertusuk pisau dan bersimbah darah. Mendampingi Fuyuko di dalam mobil ambulance, Kousuke merasakan kesadaran Fuyuko perlahan menjauh dan berusaha mengembalikannya. "Fuyuko, bertahanlah....aku berjanji kita akan menikah jika kau selamat", teriak Kousuke dalam hatinya. Kousuke tak dapat mengucapkannya. Dan cerita terhenti begitu saja, meninggalkan  pembaca dengan hati yang kosong melompong. 

No comments:

Post a Comment