Wednesday, February 21, 2018

Sejarah Ilmu Ekonomi 経済学の歴史 oleh Masahiro Nei (1)


Meskipun mumet membaca buku ini, tapi saya pantang menyerah. Bukan apa2, buku sejarah ekonomi oleh Masahiro Nei ini bukan hanya menceritakan 12 ekonom dan teorinya masing2 tapi juga kisah masa kecil mereka, percintaan dan pernikahan hingga akhir hayatnya. 12 orang ekonom dengan latar belakang politik yang terjadi di masa kehidupan mereka.
Diantara 12 orang ekonom ini, ada ekonom yang menyesali kecenderungannya menganalisis segala hal hingga menumpulkan persaannya sebagai akibat didikan homeschooling ayahnya. Padahal jelas2 hasil didikan keras sang ayah menjadikannya ekonom besar.
Ada ekonom yang harus kawin lari dan dan dikeluarkan dari perusahaan sang ayah karena memilih gadis yang berbeda keyakinan dengan keluarganya.
Ada juga ekonom yang harus menunggu 30 tahun hingga suami sang pujaan hati meninggal dunia, ditambah 2 tahun menunggunya menjalani masa menjanda yang terhormat, lalu menikmati hanya 7 tahun masa bahagia kehidupan pernikahan karena sang pujaan hati keburu meninggal dunia.
Tak kalah menyedihkan, ekonom yang sibuk memikirkan ide2 besar tanpa mampu bekerja menghidupi keluarganya hingga hidup miskin papa, harus merelakan 4 dari 7 orang anak2nya meninggal dunia dalam kemiskinan dan pelarian.
Lebih tragis lagi, ekonom yang tak dihargai di universitas tempatnya mengajar lalu memilih menjadi pengajar privat seorang pangeran, dengan tujuan agar saat ia naik menjadi kaisar, pemikiran2nya dapat menjadi kebijakan di masa depan. Sialnya, sang pangeran malah berselingkuh dengan seorang gadis 17 tahun dan kemudian bunuh diri bersamanya!
Semua ini baru dicatat dari setengah perjalanan membaca. Jadi, motivasi membaca buku ini bukan karena saya pintar bahasa Jepang atau ahli ekonomi. Saya cuma seneng baca gosip percintaan dan perselingkuhan!

No comments:

Post a Comment